Rahasia di Balik Teknologi Tourbillon Jam Tangan Mewah

teknologi tourbillon

Teknologi tourbillon populer sebagai salah satu inovasi paling canggih di dunia horologi. Selain menambah estetika pada jam tangan mewah, teknologi ini juga meningkatkan akurasi dan kinerja jam.

Melalui artikel ini, temukan lebih dalam rahasia di balik teknologi yang satu ini. Selain itu, mari memahami lebih lanjut mengapa tourbillon menjadi standar emas dalam industri jam tangan mewah.

Apa Itu Teknologi Tourbillon?

teknologi tourbillon pada jam tangan mewah

Abraham-Louis Breguet pada 1801 merilis inovasi cemerlang bernama tourbillon. Tourbillon merupakan istilah dalam bahasa Prancis yang berarti “puting beliung”. Selain tampilannya yang menawan, movement jam tangan dengan teknologi ini berbentuk spiral dan memikat, seperti menghipnotis.

Meskipun ada berbagai jenis tourbillon, semuanya memiliki prinsip kerja serupa: cage berisi balance wheel dan escapement yang berputar. Aspek-aspek tersebut merupakan pengatur utama dalam jam tangan mekanis.

Inovasi ini mulanya hadir untuk untuk mengatasi gangguan gravitasi dan meningkatkan akurasi waktu di era pocket watch. Saat ini, mekanisme “whirlwind” yang satu ini banyak ditemukan pada jam tangan mewah.

Berikut ini adalah perbandingan perbedaan tourbillon dengan mekanisme lain yang digunakan pada jam tangan, terutama pada luxury wristwatch.

Tourbillon Mengimbangi efek gravitasi pada movement jam tangan. Tujuannya adalah untuk meratakan kesalahan akurasi ketika jam tangan berada pada berbagai posisi.
Chronograph Mekanismenya menambahkan fungsi perhitungan waktu, mirip dengan stopwatch.
Perpetual Calendar Perpetual calendar otomatis menyesuaikan tanggal pada jam tangan dan juga menghitung tahun kabisat.
GMT Jam tangan bisa menampilkan dua zona waktu berbeda secara bersamaan.
Moon Phase Menampilkan fase bulan saat ini.

Mengingat tourbillon memiliki movement yang unik dan menawan, dial yang transparan menghasilkan tampilan elegan - kombinasi teknik dan visual yang menawan.

Evolusi Teknologi Tourbillon

sejarah teknologi tourbillon

Sejarah teknologi tourbillon berawal dari bagaimana Breguet melihat gaya gravitasi mempengaruhi kinerja jam saku. Hal ini semakin parah ketika jam berada pada posisi tertentu, misalnya ketika dalam posisi vertikal di kantong.

Maka dari itu, Breguet akhirnya berinovasi dengan mengembangkan tourbillon – komplikasi mekanik yang memungkinkan bagian jam berputar, mengimbangi efek gravitasi dan meningkatkan akurasi jam. Berikut adalah beberapa jenis tourbillon yang paling populer.

Tourbillon Standar

Jenis yang satu ini memiliki cage yang berputar setiap 60 detik. Breguet sendiri yang memperkenalkan inovasi tourbillon standar.

Single-Axis Tourbillon

Seperti namanya, teknologi ini hanya memiliki sumbu tunggal. Selain memiliki satu sumbu rotasi, tourbillon ini berputar sekali setiap 60 detik.

Double-Axis Tourbillon

Teknologi ini memiliki dua sumbu rotasi, satu di dalam yang lainnya. Tourbillon ini bisa berputar pada kecepatan yang berbeda. Misalnya, sumbu dalam berputar setiap 60 detik, sedangkan sumbu luar berputar setiap 2,5 menit.

Triple-Axis Tourbillon

Sebagai salah satu tourbillon yang kompleks, terdapat tiga sumbu rotasi dalam jenis inovasi yang satu ini. Masing-masing sumbunya juga bisa berputar pada kecepatan yang berbeda.

Flying Tourbillon

Pencipta tourbillon yang satu ini adalah Alfred Helwig dan memulai debutnya pada 1920. Jenis yang satu ini tidak memiliki bridge di bagian atasnya, sehingga tampilannya lebih clear dan terlihat estetik.

Gyrotourbillon

Jaeger-LeCoultre adalah pengembang inovasi yang satu ini. Sumbunya sangat banyak sehingga jam tangan yang menggunakan gyrotourbillon hadir dengan rotasi tiga dimensi yang keren.

Teknologi Tourbillon dan Keunggulannya

keunikan desain jam tourbillon

Salah satu keunikan desain jam tourbillon adalah cage berputar yang memutar bagian-bagian penting dari mesin jam secara periodik.

Selain memberikan akurasi yang lebih baik, inovasi ini juga menambah estetika dengan tampilan dinamis pada dial jam. Keunikan ini membuat jam tourbillon menjadi barang bernilai tinggi dan eksklusif, mengingat kompleksitas dalam pembuatannya.

Lebih dari itu, tourbillon adalah bukti nyata dari kemajuan teknologi dan inovasi dalam dunia jam tangan. Hal ini juga menunjukkan kemampuan luar biasa yang bisa dicapai oleh watchmaker.

Apabila Anda tertarik dengan craftsmanship dan keindahan jam tangan mewah dengan kerumitan tingkat tinggi, teknologi tourbillon tentu menjadi benda yang tidak ingin Anda lewatkan. Oleh karena itu, kunjungi Oneluxe untuk melihat koleksi menawan yang tersedia.

Siapa tahu, Anda mungkin menemukan jam tangan mewah yang menggabungkan estetika mempesona dengan kecanggihan teknologi tourbillon!

Share Tweet Pin it
Back to blog